Senin, 11 Juni 2018

Contoh RPP


TUGAS MATA KULIAH
Perencanaan Pembelajaran
Dosen Pembina : Bapak Made Wena

TUGAS
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
“Estimasi dan Perencanaan Anggaran Biaya


Logo Universitas Negeri Malang Warna 1.png


Disusun oleh :
Natasya Atikasari Nugraheni
150521600440
S1 PTB / C


PROGRAM S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
JURUSAN TEKNIK SIPIL
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      : SMK NEGERI 2 Kota Probolinggo
Mata Pelajaran            : Estimasi dan Perencanaan Anggaran Biaya
Paket Keahlian            : Teknik Gambar Bangunan
Kelas/Semester            : XI GB/ Ganjil
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit

A.      KOMPETENSI INTI
KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggunjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),   santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     :Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4     :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.       KOMPETENSI DASAR
1.1           Pengertian, tujuan dan fungsi RAB


C.      INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1     Menjelaskan pengertian dari Rencana Anggaran Biaya
1.1.2     Memahami Tujuan dari RAB
1.1.3     Mengetahui Fungsi atau kegunaan penyusunan RAB

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran ini, peserta ddik diharapkan mampu :
1.          Siswa dapat menjelaskan pengertian dari rencana anggaran biaya
2.          Siswa dapat memahami tujuan dari RAB
3.          Siswa dapat mengetahui fungsi atau kegunaan RAB

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.    Pengertian Rencana Anggaran Biaya
Rencana Anggaran Biaya adalah suatu bangunan atau proyek adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah,serta biaya- biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek. Anggaran biaya merupakan harga dari bahan bangunan yang dihitung dengan teliti, cermat dan memenuhi syarat. Anggaran biaya pada bangunan yang sama akan berbeda- beda di masing- masing daerah, disebabkan karena perbedaan harga bahan dan upah tenaga kerja. Dalam menyusun Anggaran Biaya dapat dilakukan dengan 2 cara berikut :
a.       Angka biaya kasar
Sebagai Pedoman dalam menyusun anggaran biaya kasar digunakan harga satuan tiap meter persegi (mk2) luas lantai. Anggaran kasar dipakai sebagai pedoman terhadap anggaran biaya yang dihitung secara teliti.
b.      Angka biaya teliti
Yang dimaksud anggaran biaya teliti adalah Anggaran Biaya Bangunan atau proyek yang dihitung dengan teliti dan cermat sesuai dengan ketentuan dan syarat- syarat penyusunan anggaran biaya. Pada anggaran biaya kasar sebagaimana diuraiakan terdahulu, harga satuan dihitung berdasarkan harga taksiran setiap luas lantai m2. Taksiran tersebut haruslah berdasarkan harga yang wajar dan tidak terlalu jauh berbeda dengan harga yang dihitung secara teliti. Sedangkan penyusunan anggaran biaya yang dihitung secara teliti, didasarkan atau didukung oleh :
·      Bestek. Gunanya untuk menentukan spesifikasi bahan dan syarat- syarat teknis.
·      Gambar bestek. Gunanya untuk menetukan/menghitung besarnya masing- masing volume pekerjaan.
·      Harga Satuan pekerjaan. Didapat dari harga satuan bahan dan harga satuan upah berdasarkan perhitungan analisa BOW. BOW Singkatan dari Bugerlijke Openbare Werken ialah suatu ketentuan dan ketetapan umum yang ditentukan oleh Dir BOW tanggal 28 Februari 1921 Nomor 5372 A Pada zaman pemerintahan Belanda. Di Zaman sekarang BOW diganti dengan HSPK, yang tentunya tiap kota maupun kabupaten mengeluarkan HSPK dan setiap tahun ada pergantian.

2.    Tujuan Rencana Anggaran Biaya
Adapun tujuan penyusunan anggaran adalah :
  • Untuk menyatakan harapan/sasaran perusahaan secara jelas dan formal, sehingga bisa menghindari kerancuan dan memberikan arah terhadap apa yang hendak dicapai manajemen.
  • Untuk mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak-pihak terkait sehingga anggaran dimengerti, didukung, dan dilaksanakan.
  • Untuk menyediakan rencana terinci mengenai aktivitas dengan maksud mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang jelas bagi individu dan kelompok dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.
  • Untuk mengkoordinasikan cara/metode yang akan ditempuh dalam rangka memaksimalkan sumber daya.
  • Untuk menyediakan alat pengukur dan mengendalikan kinerja individu dan kelompok, serta menyediakan informasi yang mendasari perlu-tidaknya tindakan koreksi.

  1. Fungsi atau kegunaan penyusunan RAB
Secara Umum ada 4 Fungsi / Kegunaan Utama dari RAB :
  1. Menetapkan jumlah total biaya pekerjaan yang menguraikan masing masing item pekerjaan yang akan dibangun. RAB harus menguraikan jumlah semua biaya upah kerja, material dan peralatan termasuk biaya lainnya yang diperlukan misalanya perizinan, kantor atau gudang sementara, fasilitas pendukung misalnya air dan listrik sementara.
  2. Menetapkan Daftar dan Jumlah Material yang dibutuhkan. Dalam RAB harus dipastikan jumlah masing masing material disetiap komponen pekerjaan. Jumlah material didasarkan dari volume pekerjaan , sehingga kesalahan perhitungan volume setiap komponen pekerjaan akan mempengaruhi jumlah material yang dibutuhkan. Daftar dan Jenis material yang tertuang dalam RAB menjadi dasar pembelian material ke Supplier.
  3.  Menjadi dasar untuk penunjukan/ pemilihan kontraktor pelaksana. Berdasarkan RAB yang ada , maka akan diketahui jenis dan besarnya pekerjaan yang akan dilaksanakan. Dari RAB tersebut akan kelihatan pekerja dan kecakapan apa saja yang dibutuhkan. Berdasarkan RAB tersebut akan diketahui apakah cukup diperlukan satu kontraktor pelaksana saja atau apakah diperlukan untuk memberikan suatu pekerjaan kepada subkontraktor untuk menangani pekerjaan yang dianggap perlu dengan spesialis khusus.
  4. Peralatan peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan akan diuraikan dalam estiamsi biaya yang ada. Seorang estimator harus memikirkan bagaimana pekerjaan dapat berjalan secara mulus dengan menentukan peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Dari RAB juga dapat diputuskan peralatan yang dibutuhkan apakah perlu dibeli langsung atau hanya perlu dengan sistim sewa.. Kebutuhan peralatan dispesifikasikan berdasarkan jenis, jumlah dan lama pemakaian sehingga dapat diketahui berapa biaya yang diperlukan

F.     METODE PEMBELAJARAN
1.                       Pendekatan pembelajaran            :Scientific
2.                       Model pembelajaran                     : Cooperative Learning Type
3.                       Metode pembelajaran                   :Ceramah, diskusi, penugasan

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Diskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.   Guru mengucapkan salam.
b.   Guru memimpin berdo’a
c.    Guru memeriksa kehadiran siswa.
d.   Guru memberi acuan berupa:
·      mengajukan pertanyaan perangsang kepada siswa
·      membuat kaitan materi ini dengan materi sebelumnya
·      menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran hari ini
·      mengingatkan masalah pokok hari ini
·      menyarankan langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh siswa
10 menit
Inti
Mengamati :
a.   Siswa mengamati pengertian dari Rencana Anggaran Biaya, Tujuan dan Fungsi Kegunaan
b.   Guru membimbing dalam mengidentifikasi Pengertian RAB, tujuan dan Fungsinya
Menanya :
a.    Siswa dirangsang agar aktif bertanya mengenai pengertian, tujuan dan fungsi RAB
Mengeksplorasi :
a.   Guru mengumpulkan informasi yang dipertanyakan siswa.
b.   Guru membimbing siswa  menemukan jawaban pertanyaanya melalui diskusi dengan teman sebangku.
Mengasosiasi :
a.   Guru mengarahkan siswa menyusun kelompok kecil untuk mengidentifikasi secara mandiri dan mengkategorikan materi elemen interior
Mengkomunikasikan :
a.    Siswa menyampaikan hasil diskusi secara lisan
70 menit
Penutup
a.    Siswa bersama-sama guru menyimpulkan materi pelajaran.
b.    Siswa diberikan penugasan membuat makalah  kelompok mengenai pengertian, tujuan dan fungsi RAB sebagai penguatan dan pemantapan.
c.    Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang tentang Rencana Anggaran Biaya.
d.   Guru menutup pelajaran.
e.    Berdoa bersama.
f.     Guru menucapkan salam.
10 menit

H.    ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media  : Presentasi bahan ajar dengan power point
2.      Alat     : Boardmarker, white board, Penghapus, Laptop, LCD

I.         SUMBER BELAJAR
1.      P3GT, Buku Rencana Anggaran Jurusan Gambar Bangunan P3GT. Bandung.
2.      Ibrahim, Bakhtiar. Buku Rencana dan Estimate Real of Cost, Penerbit Bumi Aksara.
3.      S.W. Renngo. (2006). Menghitung Biaya Membuat Rumah, Penerbit Penebar Swadaya.
4.      Rudi Gunawan Ir. : PENGANTAR ILMU BANGUNAN, Penerbit CV. Pelajar Bandung 1967.
5.      Sukoaji M,Bsc. : Pengetahuan Industri dan Rencana Anggaran, Penerbit DPMK  Jakarta.

J.        PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.      Penilaian sikap (terlampir)
2.      Penilaian pengetahuan (soal, kunci jawaban, dan skor terlampir)
3.      Penilaian ketrampilan (soal, kunci jawaban, dan skor terlampir)

Malang,
Guru Pamong,                                                             Guru Mata Pelajaran,






Drs. Yoyok Eko Wahyudi                                          Natasya Atikasari Nugraheni
NIP.                                                                            NIM 150521600440













Lampiran 1 Format Penilaian Sikap


Kelas               : …………………………………
Alokasi waktu : …………………………………

NO
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK PENILAIAN
JML

TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN
TERHADAP GURU PENGAJAR
TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN
TERHADAP NORMA

Rasa ingin
 tahu
Senang
Ketertarikan
Menghormati
Penuh
perhatian
Kejujuran
Aktif
Fokus
Antusias
Kepatuhan
Kepedulian
Tanggung jawab

1















2















3















4















5















6















7















8















9















10















11















12















13















14















15















16















17















18















19















20















21















22















23















24















25















26















27















28















29















30















31















32















33















34















35















36















37















38















39















40

















Pedoman Penskoran :

4 = Peserta didik selalu /sangat memiliki rasa ingin tahu,senang dan tertarik

3 = Peserta didik  memiliki rasa ingin tahu,senang dan tertarik

2 = Peserta didik cukup memiliki rasa ingin tahu,senang dan tertarik

1 = Peserta didik kurang/tidak memiliki rasa ingin tahu,senang dan tertarik


NA =
Jumlah nilai yang diperoleh
x 100

48



Guru Mata Pelajaran




( Natasya A. N )





Prosedur penilaian
No.
Aspek Yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap
a.    Terlibat aktif dalam pembelajaran pemahaman komunikasi dalam jaringan.
b.    Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.    Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran
2
Pengetahuan
a.    Menjelaskan kembali elemen-elemen interior berdasar fungsi ruang.

Pengamatan dan Penugasan
Penyelesaian kelompok



Lampiran 2 Soal Latihan

Kerjakan soal berikut dengan jawaban yang tepat!
1.    Jelaskan pengertian Rencana Anggaran Biaya!
2.    Apa tujuan dari Rencana Anggaran Biaya?
3.    Jelaskan fungsi ataukegunaan RAB!

Kunci Jawaban:
1.    Rencana Anggaran Biaya adalah suatu bangunan atau proyek adalah perhitungan banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan dan upah,serta biaya- biaya lain yang berhubungan dengan pelaksanaan bangunan atau proyek. Anggaran biaya merupakan harga dari bahan bangunan yang dihitung dengan teliti, cermat dan memenuhi syarat. Anggaran biaya pada bangunan yang sama akan berbeda- beda di masing- masing daerah, disebabkan karena perbedaan harga bahan dan upah tenaga kerja.
2.  Tujuan Rencana Anggaran Biaya yaitu:
  1. Untuk menyatakan harapan/sasaran perusahaan secara jelas dan formal, sehingga bisa menghindari kerancuan dan memberikan arah terhadap apa yang hendak dicapai manajemen.
  2. Untuk mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak-pihak terkait sehingga anggaran dimengerti, didukung, dan dilaksanakan.
  3. Untuk menyediakan rencana terinci mengenai aktivitas dengan maksud mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang jelas bagi individu dan kelompok dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.
  4. Untuk mengkoordinasikan cara/metode yang akan ditempuh dalam rangka memaksimalkan sumber daya.
  5. Untuk menyediakan alat pengukur dan mengendalikan kinerja individu dan kelompok, serta menyediakan informasi yang mendasari perlu-tidaknya tindakan koreksi.embentuk ruang adalah segala komponen yang membentuk sebuah ruangan, seperti lantai, dinding, plafond, bukaan dan perabot.
3.  Fungsi / kegunaan RAB
a.         Menetapkan jumlah total biaya pekerjaan yang menguraikan masing masing item pekerjaan yang akan dibangun. RAB harus menguraikan jumlah semua biaya upah kerja, material dan peralatan termasuk biaya lainnya yang diperlukan misalanya perizinan, kantor atau gudang sementara, fasilitas pendukung misalnya air dan listrik sementara.
b.        Menetapkan Daftar dan Jumlah Material yang dibutuhkan. Dalam RAB harus dipastikan jumlah masing masing material disetiap komponen pekerjaan. Jumlah material didasarkan dari volume pekerjaan , sehingga kesalahan perhitungan volume setiap komponen pekerjaan akan mempengaruhi jumlah material yang dibutuhkan. Daftar dan Jenis material yang tertuang dalam RAB menjadi dasar pembelian material ke Supplier.
c.         Menjadi dasar untuk penunjukan/ pemilihan kontraktor pelaksana. Berdasarkan RAB yang ada , maka akan diketahui jenis dan besarnya pekerjaan yang akan dilaksanakan. Dari RAB tersebut akan kelihatan pekerja dan kecakapan apa saja yang dibutuhkan. Berdasarkan RAB tersebut akan diketahui apakah cukup diperlukan satu kontraktor pelaksana saja atau apakah diperlukan untuk memberikan suatu pekerjaan kepada subkontraktor untuk menangani pekerjaan yang dianggap perlu dengan spesialis khusus.
d.        Peralatan peralatan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan akan diuraikan dalam estiamsi biaya yang ada. Seorang estimator harus memikirkan bagaimana pekerjaan dapat berjalan secara mulus dengan menentukan peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Dari RAB juga dapat diputuskan peralatan yang dibutuhkan apakah perlu dibeli langsung atau hanya perlu dengan sistim sewa.. Kebutuhan peralatan dispesifikasikan berdasarkan jenis, jumlah dan lama pemakaian sehingga dapat diketahui berapa biaya yang diperlukan




Lampiran 3Rubrik penilaian soal
Rubrik penilaian soal                                                                                                                 
No
Uraian
Skor

Skor
Total

1
-    Menjawab benar
-    Menjawab kurang tepat
-    Menjawab salah
30
10
5
    30

2
-    Menjawab benar
-    Menjawab kurang tepat
-    Menjawab salah
35
15
5
    35

3
-    Menjawab benar
-    Menjawab kurang tepat
-    Menjawab salah
35
15
5

    35




Nilai = Skor Perolehan  X 100
                              100


Lampiran 4 Instrumen Penilaian Sikap Dengan Penilaian Diri


Nama     : ______________________________
Kelas      : ______________________________

Petunjuk
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi diri Anda.

Keterangan:
SS : Sangat Setuju, S: Setuju, TS: Tidak Setuju, dan STS: Sangat Tidak Setuju

No.
PERNYATAAN
Penilaian
SS
S
TS
STS
1.
Saya sudah dapat mengembangkan tema pada tugas proyek yang diberikan guru




2.
Saya dapat merancang jadwal pelaksanaan kegiatan proyek dengan baik




3.
Saya dapat menyusun jadwal pelaksanaan kegiatan proyek dengan baik




4.
Saya dapat penyelesaikan proyek sesuai dengan langkah langkah yang telah ditentukan




5.
Saya dapat menyusun laporan dengan sistematis dan baik




6.
Saya dapat mempresentasikan hasil kegiatan proyek dengan baik




7.
Saya telah menguasai materi pembelajaran dengan baik





Lampiran 5 Instrumen Penilaian Antarteman
No.
Nilai Karakter
Kriteria
Skor
1.
Kreatif
-  Kreatif
-  Menunjukkan usaha kreatif
-  Dibimbing untuk kreatif
-  Tidak ada kemauan untuk kreatif
A
B
C
D
2.
Tanggung Jawab
-    Bertanggung jawab
-    Menunjukkan usaha bertanggung jawab
-    Dibimbing untuk bertanggung jawab
-    Tidak ada kemauan untuk bertanggung jawab
A
B
C
D
3.
Kerja keras
-   Bekerja keras
-   Menunjukkan usaha kerja keras
-   Dibimbing untuk bekerja keras
-   Tidak ada kemaan untuk bekerja keras
A
B
C
D
4.
Mandiri
-   Mandiri
-   Menunjukkan usaha kurang mandiri
-   Dibimbing untuk mandiri
-   Tidak ada kemauan untuk mandiri
A
B
C
D

Bobot Penilaian :

Nilai = jumlah skor : jumlah skor maksimal
Malang,
Guru Pamong,                                                             Guru Mata Pelajaran,




Drs. Yoyok Eko Wahyudi                                          Natasya Atikasari Nugraheni
NIP.                                                                            NIM 150521600440

Tidak ada komentar:

Posting Komentar